Senin, 07 September 2009

Bayi Lahir Caesar dan Probiotik

Mikroflora saluran cerna berperan penting dalam membantuk daya tahan tubuh bayi. Namun pada bayi yang lahir caesar, pembentukkan saluran cernanya tertunda. Untuk mengatasi hal tersebut, probiotik (seperti Bifidobacterium lactis) dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi yang lahir caesar, serta mengurangi resiko alergi dan infeksi.

Bifidobacterium lactis terbukti aman bagi bayi sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. ASI mengandung probiotik yang merupakan indikasi pentingnya peranan probiotik sejak masa awal kelahiran. Bayi yang lahir normal dan diberi ASI memiliki tubuh sehat karena bakteri probiotik mendominasi kurang lebih 90% mikrobiota saluran cerna.

Diketahui secara medis, keberadaan bakteri menguntungkan bifidobakteria pada bayi yang lahir caesar memerlukan waktu 6 bulan untuk menyamai bayi yang lahir normal. Bifidobakteria diperoleh pada periode awal kelahiran sangat diperlukan untuk mengenali dan membentuk toleransi terhadap zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Menurut profesor Bengt Bjorksten dari institut Swedia, kondisi awal kelahiran seperti cara kelahirannya, penggunaan antibiotik, dan lain sebagainya memiliki pengaruh yang besar terhadap pola mikroflora saluran cerna yang sangat penting untuk merangsang sistem daya tahan tubuh dalam kondisi normal. Dalam penelitiannya, profesor membuktikan bayi yang menderita alergi memiliki lebih sedikit bifidobakteria pada tinja mereka. Hal ini masih dapat dilihat hingga mereka berusia 5 tahun.

Beberapa penelitian secara klinis menunjukkan penggunaan beberapa probiotik memberikan pengaruh sedang untuk mengatasi eksim pada bayi.

Sumber : http://www.info-sehat.com


0 komentar:

Posting Komentar

  ©Template by Dicas Blogger.